Pages Navigation Menu

PENGABDIAN DOSEN DAN MAHASISWA (PEDOMAN) PRODI PPKn FKIP UR 2016

PENGABDIAN DOSEN DAN MAHASISWA (PEDOMAN) PRODI PPKn FKIP UR 2016

Himpunan Mahasiswa Program Studi PPKn FKIP UR melaksanakan kegiatan Pengabdian Dosen dan Mahasiswa (PEDOMAN) pada tanggal 25-27 November 2016 di Desa Tanjung Pauh, Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi dengan mengangkat tema “Unjuk Kepedulian Dosen dan Mahasiswa PPKn Melalui Pengabdian Dalam Masyarakat”.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan oleh prodi PPKn sebagai bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Disamping sebagai bentuk kegiatan pengabdian, kegiatan ini juga bertujuan untuk:
1) Mempersiapkan mahasiswa yang handal dalam berorganisasi.
2) Sebagai salah satu kegiatan atau praktek sebelum terjun melakukan Kuliah Kerja Nyata.
3) Proses mengakrabkan dan harmonisasi baik antara sesama mahasiswa maupun mahasiswa dengan dosen.
4) Memberikan pencerahan kepada siswa di sekolah tujuan dengan mengadakan seminar pendidikan dan penyuluhan narkoba.
5) Memberikan hiburan yang menarik untuk mahasiswa, dosen dan masayarakat dengan melakukan beberapa games.
6) Melatih mahasiswa agar berperilaku disiplin.
7) Melatih kerja sama mahasiswa dalam melakukan kegiatan.
Peserta kegiatan PEDOMAN ialah mahasiswa semester tiga, yang dimbing oleh Dosen prodi PPKn dan mahasiswa pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi PPKn yang berperan sebagai panitia.
Pengabdian Dosen dan Mahasiswa (PEDOMAN) prodi PPKn tahun ini, melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya seminar pendidikan dan penyuluhan narkoba, kerja bakti membersihkan berbagai fasilitas umum seperti: Musholla, Pasar Rakyat, Posyandu dan kantor desa.

Selain itu, dilaksanakan juga berbagai perlombaan yang diikuti oleh peserta, panitia, dosen dan masyarakat desa tanjung pauh seperti: Tarik tambang, Bola dangdut, Makan Kerupuk dan Pacu Karung. Sementara itu, juga dilaksanakan pentas seni bagi setiap kelompok peserta dengan menampilkan berbagai atraksi seperti: bernyanyi, puisi dan ada juga yang menampilkan stand up comedy.

Koordinator Prodi PPKn yang hadir dalam perpisahan dengan warga desa tanjung pauh, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras menyukses kegiatan ini, terutama kepada warga desa tanjung pauh yang telah menerima dan menjaga mahasiswa kami selama melaksanakan kegiatan pengabdian di desa tanjung pauh.
Tokoh masyarakat desa tanjung pauh yang mewakili kepala desa tanjung pauh dalam sambutan acara perpisahan juga mengucapkan terima kasih kepada Program studi PPKn yang telah memilih desa tanjung pauh sebagai tempat melaksanakan kegiatan PEDOMAN Prodi PPKn FKIP UR, ditambahkan juga, jika ada kegiatan-kegiatan berikutnya, dengan tangan terbuka kami berharap agar bisa kembali dilaksanakan di desa tanjung pauh.